Kamis, 26 November 2009

Wong Ndeso Pergi ke Kota

Masyarakat adalah keseluruhan hubungan-hubungan dalam hidup bersama dan tidak dibatasi oleh lingkungan, bangsa, dan sebagainya. Syarat-syarat masyarakat adalah :
♥  Harus  ada pengumpulan manusia.
♥  Telah bertempat tinggal dalam waktu lama disuatu daerah tertentu.
♥  Adanya aturan atau undang-undang yang mengatur mereka untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama.
Masyarakat Perkotaan adalah masyarakat yang tinggalnya di kota, yang dimana terdapat keramaian karena populasi di kota lebih padat, tapi sayangnya udara yang dihirup oleh mereka sudah tidak bagus lagi karena di kota banyak sekali kendaraan yang berlalu-lalalng melintasi kota, alhasil udara sudah sangat tercemar dan menimbulkan polusi. Jika dilihat dari keagamaan, mereka kurang menekuni dalam hal ini, mungkin hanya sebagian dan tidak semuanya begitu. Lapangan kerja disana juga sangat banyak, jadi hampir sebagian besar dari mereka bekerja, mungkin yang tidak bekerja dikarenakan mereka kurang berusaha untuk mendapatkannya.
Masyarakat Pedesaan adalah masyarakat yang tinggalnya di desa, yang dimana lingkungannya masih asri, dekat dengan alam dan tidak tercemar oleh udara yang kotor, Jika dilihat dari interaksi sesama masyarakat disana, rasa kebersamaan mereka lebih kuat karena mereka hidup masih sangat ketergantungan. Dalam hal keagamaan, mereka sangat meyakini hal ini. Lapangan kerja disana tidak terlalu banyak sebagian besar di bidang agraris, bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mereka pindah ke kota,
Zaman sekarang banyak sekali urbanisasi, dimana banyak masyarakat pedesaan yang pindah ke kota. Banyak faktor yang mendukung hal tersebut, contohnya : mereka yang ingin memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara bekerja di kota, mereka yang ingin menambah ilmu pengetahuannya dengan cara melanjutkan sekolah di kota, mereka yang ingin mencari kesenangan dengan cara pergi ke tempat rekreasi yang ada di kota, dan masih banyak lagi.
Orang desa yang pindah ke kota untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dilakukan dengan banyak cara, jika dia tidak mempunyai skill apapun paling tidak dia bisa bekerja membantu pekerjaan rumah. Jika dia mempunyai skill untuk mengembangkan kerajinan, dia bisa membuka usaha kecil-kecilan dengan hasil kerajinan yang dia buat. Jika ada yang mempunyai keahlian dalam bernyanyi, misalnya suaranya bagus, dia bisa mencari uang dengan bernyanyi keliling dari panggung ke panggung, mungkin lama kelamaan dia bisa menjadi artis terkenal di kota sama seperti beberapa artis Indonesia yang berasal dari desa.
Orang desa yang pindah ke kota untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi, misalnya ada seseorang yang pintar dan dia ingin mendapat pendidikan yang layak. Bisa saja dia mendapat beasiswa dari suatu instansi untuk melanjutkan sekolahnya di kota. Ada juga orang desa yang ingin ke kota hanya untuk rekreasi, mungkin tidak semua orang di desa pernah mengunjungi tempat rekreasi, setidaknya mereka juga ingin mendapatkan hiburan seperti itu.
Jadi ada banyak sekali faktor yang menyebabkan orang dari desa yang ingin pergi ke kota, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup ataupun mencapai cita-cita yang di inginkan.
Nama : Arlin Humaira
Kelas : 1IA21
NPM : 51409446

Tidak ada komentar:

Posting Komentar