Senin, 11 Oktober 2010

Portal Komunitas

     Semakin majunya zaman, semakin banyak pula teknologi yang berbeda dan semakin maju. Begitu pula dengan portal komunitas yang mungkin telah hadir cukup lama. Portal komunitas adalah terutama untuk mencari informasi mengenai apa saja yang terjadi di Wikipedia. Contoh dari portal komunitas adalah facebook, friendster, twitter, my space, plurk dan masih banyak lagi.
       Facebook, di sini terdapat berbagai berita iklan yang menginformasikan beberapa informasi kepada khalayak umum khususnya pengguna facebook. Di facebook juga terdapat beberapa aplikasi yang menarik seperti : chat, message, wall, comment, games dan lain-lain. Chat, kita bisa berkomunikasi dengan teman kita jika orang tersebut sedang online. Message, bisa dilakukan jika kita ingin membicarakan sesuatu yang bersifat pribadi atau pesan yang dikirim oleh suatu grup bisa dikirim melalui message. Wall, kita bisa menuliskan sesuatu ke dinding teman kita untuk berkomunikasi dan dapat memberikan komen. Games, di sini banayak sekali permainan yang sangat di gemari oleh pemakai facebook.
       Friendster, kita dapat berkomunikasi juga dengan teman kita di situs ini. Mungkin sudah jarang yang menggunakan jejaring ini karena sudah lama sekali digunakannya, dan sudah berganti ke jejaring yang lebih modern yaitu Twitter. Twitter juga merupakan komunikasi yang cukup banyak di pakai oleh pengguna internet. Di twitter terdapat @, RT, mention, DM. Dimana @ digunakan untuk tweet ke teman dengan menambahkan nama, RT (retweet) adalah untuk membalas tweet ke teman dengan menyertakan tweet sebelumnya , mention digunakan untuk membalas tweet ke teman, DM digunakan untuk melakukan pembicaraan yang pribadi dengan teman. Juga terdapat following dan followers, following adalah teman-teman kita tetapi kita yang merequest permintaan untuk menjadi teman. Sedangkan followers adalah teman-teman kita tetapi orang lain yang merequest permintaan untuk menjadi teman kita. Ada banyak via yang digunakan untuk twitter, ada Uber Twitter digunakan untuk pengguna Blackberry, iTweet, dabr, TweetDeck, Snaptu, dan masih banyak lagi.
       Perkembangan teknologi pada zaman sekarang sudah sangat maju sekali, mulai dari anak kecil sampai dewasa sudah mulai mengenal dunia maya dan internet, seperti yang disebutkan di atas. Untuk anak kecil diperlukan pengawasan dari orang tua supaya tetap dalam pengawasan dan tidak tercemar oleh hal-hal negative yang di edarkan melalui internet terutama portal komunitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar