Kamis, 30 September 2010

Webcam

-->
Pada zaman sekarang ini tekhnologi sudah berkembang sangat pesat. Tidak hanya telpon rumah, telpon genggam, komputer, bahkan webcam juga sudah dapat ditemukan dimana saja. Misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan di jalan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan di jalan raya, Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama di perkotaan dan pedesaan, Weather Cam yang memperlihatkan keadaan cuaca, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.
Webcam singkatan dari web camera yang merupakan sebutan bagi kamera yang bermakna pada keadaan saat ini juga, dimana gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan kekomputer yang biasanya melalui  port USB ataupun port COM. Pengguna webcam itu sendiri juga sudah banyak dan terdapat dimana saja, mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sampai tak terbatasi.
Keuntungan menggunakan webcam, kita bisa melihat gambar atau objek yang berbeda tempat dengan kita, misalnya seorang teman yang lokasinya jauh dari tempat kita dan dapat berkomunikasi dengan video call. Biasanya aplikasi webcam terdapat di yahoo messenger, skype, dan yang lainnya. Kerugian menggunakan webcam, kita tidak sepantasnya melihat gambar yang tidak kita lihat terutama pada anak-anak. Maka sebaiknya dalam penggunaan internet termasuk webcam, anak-anak harus mendapat pengawasan dari orangtua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
Jadi intinya webcam dapat mempermudah komunikasi kita tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Webcam sangat bermanfaat apabila digunakan dengan baik dan tidak mengandung hal-hal yang negative didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar