Kamis, 15 April 2010

Banyaknya Situs Pertemanan di Dunia Maya


Telah kita ketahui bahwa ada banyak sekali situs-situs yang ada di internet, dari situs mengenai pelajaran, permainan, hiburan, dan masih banyak lagi. Salah satu situs yang paling banyak dikenal adalah situs pertemanan, dimana kita dapat saling mengenal antara yang satu dengan yang lain, baik itu di kota atau negeri yang sama maupun di negeri yang berbeda.
         
          Situs pertemanan bisa juga menghubungkan kita dengan teman-teman lama yang sekarang entah berada dimana, dan dapat berhubungan lagi dengan mereka. Banyak dari pengguna umum situs tersebut menyatakan bahwa mereka senang menggunakan berbagai situs tersebut.

          Semakin majunya zaman, semakin banyak pula teknologi yang berbeda dan semakin maju. Begitu pula dengan jejaring sosial yang ada, sangat cepat sekali menciptakan sesuatu yang baru. Contohnya dapat dilihat di beberapa situs pertemanan, ada beberapa persamaan dan perbedaannya.
Ada nama dari situs pertemanan yang bernama friendster. Dulu friendster memang zamannya banget pas tahun kemarin-kemarin. Tapi sekarang tampilan warnanya sudah berubah.

Ini adalah tampilan Login:
        








Ini adalah tampilan Profile:
 
        








Aplikasi di dalam friendster atau yang biasa disebut dengan FS cukup beragam. Kita bisa mempunyai teman, upload foto, comment-commentan dengan teman kita, dan masih banyak lagi. Tapi belakangan ini pengguna FS sudah berpindah ke jejaring sosial yang lebih maju, jadi penghuni FS menjadi sepi. Sangat disayangkan.
 
         Setelah itu ada lagi situs dimana kita bisa chatting dan webcaman dengan teman kita, yaitu menggunakan Yahoo Messengers atau yang sering disebut khalayak umum adalah YM-n.

Ini adalah tampilan login dan profile pada YM:

    Login                                                           Profile
                                                                                  

          Disini kita dapat, menambahkan teman, chat dengan teman kita, webcaman atau biasa disebut video calling.  Dan banyak juga fitur seperti, emoticons  dan audibles, dimana kita bisa mengirimkan gambar tersebut kepada teman kita dan akan keluar suara dan gambar yang kita kirimkan tadi. Jika kita ingin menelpon atau video calling dengan teman kita, sangat dibutuhkan headset. But it’s so fun buat para pengguna YM.
         
Perkembangan zaman memang sangat maju, setelah adanya beberapa situs pertemanan yang ada, muncul lagi suatu situs yang saat ini memang masih banyak sekali usernya. Kita bisa menyebutnya Facebook atau FB. Belakangan ini banyak sekali beberapa peristiwa yang sangat mengagetkan yang katanya disebabkan oleh situs ini. Peristiwa pembunuhan dan penculikan contohnya. Hal ini tergantung dari user itu sendiri, jika dia bisa menggunakan FB sebaik mungkin dan hanya untuk mencari teman mungkin kejadian seperti itu tidak akan terjadi.
         
Ini adalah tampilan Login:               Ini adalah tampilan Profile:                                       

Ada juga nilai positif dari menggunakan Facebook yaitu kita dapat mencari nama teman kita dan dapat terhubung lagi serta menjalin koneksi dengan mereka. Aplikasi yang tersedia, kita dapat chat dengan teman kita, mengirimkan pesan, ada juga berbagai macam games yang tersedia, dan masih banyak lagi. Situs ini yang paling disukai khalayak umum, karena kelengkapan aplikasi yang disediakan. Banyaknya user dikarenakan beragamnya games. Just for fun.

        Situs yang satu ini bernama Twitter dan juga tidak kalah banyak usernya baik dari kalangan biasa sampai para artis dari dalam negeri dan luar negeri, disini kita juga bisa menyapa teman atau artis  dan terkadang mereka juga membalas sapaan kita. Sapaan ini disebut tweet. Aplikasi disini tidak terlalu banyak seperti facebook tetapi entah mengapa memang cukup banyak usernya. Supaya bisa saling melihat status teman kita di timeline, kita harus berteman terlebih dahulu dengan mereka.  Follow adalah icon untuk permintaan menjadi teman. Banyak yang berpendapat pula bahwa twitter adalah ajang curhat, karena kita meng~update status sesuai dengan apa yang kita lakukan atau alami.
         
          Situs ini hanya menyediakan aplikasi untuk mengupdate status, dan tweet-tweetan dengan teman kita. Disini terdapat 2 kategori following dan followers. Following adalah teman-teman kita tetapi kita yang merequest permintaan untuk menjadi teman. Sedangkan followers adalah teman-teman kita tetapi orang lain yang merequest permintaan untuk menjadi teman kita. Ada banyak via yang digunakan untuk twitter, ada Uber Twitter  digunakan untuk pengguna Blackberry,  iTweet, dabr, TweetDeck, Snaptu, dan masih banyak lagi.

   Ini adalah tampilan Login:          Ini adalah tampilan Profile:
                                                                                                                                                                                                                                                 
  


Ada lagi yang bernama Plurk, dimana kita bisa menambah teman dan menjadi fans bagi orang lain. Tetapi ada salah satu yang unik di plurk, terdapat karma  dimana karma bernilai dari 0,00 sampai 100. Karma kita harus naik sampai 100 kalau bisa dan jangan sampai menurun. Faktor supaya karma kita tidak menurun adalah sering-sering meng~update status, mengganti foto, status kita di respon oleh orang lain. Jadi supaya karma kita semakin meningkat harus sering-sering melakukan itu, dan kalaupun karma kita sudah sampai 100 tetap harus sering-sering melakukan hal di atas supaya karma kita tidak turun.

          Jadi disini kita main tinggi-tinggian karma. Terdapat emotion juga di plurk, jadi kita bisa menggunakan emotion itu untuk status dan respon. Di Plurk juga ada aplikasi untuk mengubah layout atau tampilan pada profile kita. Disini tidak bisa post pesan, comment atau chat. Yang ada hanya update~status dan respon, respon hampir sama dengan comment. Jadi kita bisa berbincang-bincang dengan teman kita hanya lewat respon. But no problem, dengan merespon kita bisa menaikkan karma

Ini adalah tampilan Login:                               Ini adalah tampilan profile: 
                                                
           Skype adalah situs pertemanan juga sama seperti Yahoo Messenger. Dan dapat terkoneksi juga sampai ke mancanegara. Pada Skype juga bisa chatting dan webcaman dengan teman kita. Disini kita dapat, menambahkan teman, chat dengan teman kita, webcaman atau biasa disebut video calling. Tetapi di Skype tidak terdapat emoticons  dan audibles .

          Berbeda dengan Yahoo Messenger, Skype terdapat games dan fitur-fitur lainnya tetapi kita harus mengkoneksikan ke server terlebih dahulu. Dalam menggunakan aplikasi video calling, Skype tidak perlu menggunakan headset. It’s so simple.

 Ini adalah tampilan Login:                          Ini adalah tampilan Profile: 






        Ada lagi situs yang bernama Onioning, tujuannya sama seperti yang lain untuk menambahkan teman. Tetapi yang satu ini lebih unik karena kita bisa memberikan pertanyaan kepada teman-teman kita dan akan ada banyak jawaban dan beragam dari mereka. Dan kita juga bisa mengomentari berbagai jawaban dari teman-teman kita. Tidak terlalu banyak aplikasi yang tersedia di Onioning.

Ini adalah tampilan Login:            Ini adalah tampilan Profile:
  
 

          Sebenarnya semua situs sama saja, sama-sama untuk mencari teman tapi hanya karena perbedaan aplikasi yang disediakan oleh situs tersebut. Beberapa dari situs tersebut bisa terkoneksi. Contohnya, jika kita meng~update status di Plurk maka status kita tersebut akan menjadi status di Facebook, Twitter, My Space, Skype atau situs lain yang saling terkoneksi.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar