Jumat, 01 Januari 2010

Toleransi Antar Umat Beragama




 
Masyarakat Indonesia mempunyai banyak sekali perbedaan. Walaupun banyak sekali perbedaan yang ada, mereka tetap berusaha untuk menjadi satu kesatuan supaya bangsa Indonesia tidak akan terpecah belah. Karena kebersamaan bangsa Indonesia cukup kuat. Contoh dari perbedaan yang ada di Indonesia yaitu: Perbedaan suku,  bahasa, kebudayaan, keyakinan, dan masih banyak lagi. Mungkin perbedaan yang paling menonjol dan paling banyak terjadi adalah perbedaan mengenai keyakinan.
Agama di Indonesia ada 5 yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha. Dari sekian agama yang ada, agama yang paling banyak di anut adalah agama Islam. Walaupun begitu antar agama tetap saling menghargai dan menghormati, meskipun terkadang terjadi beberapa kerusuhan yang melibatkan 2 atau lebih agama tetapi mereka tetap berusaha untuk bersatu. Ada beberapa contoh peristiwa yang jarang sekali terjadi. Seperti masjid, tempat beribadah umat muslim berdampingan dengan gereja, tempat beribadah umat kristiani. Walaupun tempat ibadah kedua agama yang berbeda itu berdampingan tetapi mereka tetap menghargai dan menghormati antar umat beragama.
Contoh dari peristiwa tersebut terdapat di daerah ibu kota, ada masjid dan gereja yang letaknya berdampingan. Jika umat muslim sedang merayakan hari besar seperti shalat Idul Adha atau Idul Fitri di masjid walaupun dirayakan pada hari Minggu, umat kristiani memberikan toleransi kepada umat muslim. Umat kristiani akan meniadakan kebaktian pada hari Minggu pagi, tetapi di undur menjadi Minggu sore, atau kapanpun kecuali tidak mengganggu acara umat muslim, bahkan halaman gereja di izinkan menjadi tempat penitipan motor. Sama halnya jika umat kristiani sedang mengadakan kegiatan di gereja, halaman masjid dijadikan tempat penitipan motor.
Peristiwa ini sangat mencerminkan sikap toleransi antar umat beragama. Diharapkan kepada tempat-tempat ibadah lainnya yang jaraknya berdekatan, agar bersikap sama dan tidak melakukan kerusuhan serta tindakan anarkis. Kita sebagai masyarakat Indonesia walaupun terdapat banyak perbedaan tetapi seharusnya kita tetap menjaga kesatuan bangsa Indonesia. Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk tetap bersatu.

Nama        : Arlin Humaira
Kelas        : 1IA21
NPM         : 51409446

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar