Kamis, 26 November 2009

Pemuda Masa Kini

Pemuda adalah segolongan manusia muda yang masih membutuhkan pembinaan dan pengembangan karakter untuk melanjutkan ke generasi selanjutnya. Pemuda seharusnya dapat membela negara, tanah air, dan tumpah darah Indonesia, serta dapat menjadi contoh atau tauladan bagi warga dan masyarakat yang berada di sekelilingnya. Pemuda saat ini ada yang terarah ke jalan yang baik dan ada pula yang terarah ke jalan yang buruk. Salah satu contoh pemuda yang baik adalah pemuda yang peduli terhadap negara, dan dapat bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungan masyarakat, serta dapat menguntungkan sekaligus membanggakan negara. Sedangkan salah satu contoh pemuda yang tidak peduli terhadap negara adalah pemuda yang tidak dapat bersosialisasi dengn baik terhadap masyarakat dan tidak dapat membanggakan negara bahkan merugikan negara karena tindakan dan perilakunya yang menyimpang di dalam masyarakat.
Beberapa tindakan pemuda yang perilakunya menyimpang adalah pemuda yang menjerumuskan dirinya sendiri ke dalam masalah yang besar. Seperti pemuda yang gemar mengonsumsi narkoba, mabuk-mabukan, mengikuti tawuran, berjudi, dan masih banyak lagi hal negative yang dapat dilakukan.
Pemuda yang gemar mengonsumsi narkoba, mabuk-mabukan, dan bermain judi adalah pemuda yang hidupnya hanya menghabiskan waktu, menghabiskan uangnya sendiri apalagi mereka yang masih meminta uang kepada orangtuanya hanya untuk melakukan hal tersebut, berarti mereka hanya menghambur-hamburkan uang orangtuanya tanpa bisa membahagiakan orangtua mereka sendiri. Namun ada pula orang yang melakukan hal tersebut hanya karena masalah yang teramat sangat dan pelariannya adalah hal seperti ini yang mereka lakukan. Hal tersebut mungkin memang terasa menyenangkan bagi orang-orang yang suka berfoya-foya tetapi hal tersebut sebenarnya merugikan kita bahkan merugikan negara karena kita sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran tidak dapat menggunakan akal dan pikiran kita sebaik mungkin.
Pemuda yang gemar tawuran atau berkelahi serta pemuda yang bersikap anarkis adalah pemuda yang merasa dirinya kuat melawan siapapun dan pemuda yang tidak punya aturan dalam bersikap serta bertindak. Mungkin mereka merasa bangga karena merasa hebat bisa melawan siapapun. Padahal hal tersebut hanya menyakiti diri mereka sendiri. Seharusnya mereka berpikir untuk bisa mencari teman sebanyak mungkin, bukan mencari musuh sebanyak mungkin karena sama saja mereka tidak bisa berhubungan baik dengan sesama manusia, dan itu sangat merugikan mereka sendiri karena tidak dapat bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungan di sekitar mereka.
Kedua hal tersebut pada intinya sangat merugikan karena tidak menggunakan masa mudanya dengan baik. Karena di akhirat nanti akan di minta pertanggungjawaban mengenai masa muda kita dilakukan untuk hal apa saja. Seharusnya mereka bisa berpikir lebih positif lagi sebelum melakukan tindakan, dan tidak bertindak sesuka hati mereka tanpa melihat sisi negative dari hal yang mereka lakukan.
Dan kita sebagai pemuda yang tidak terlibat dalam permasalahan di atas, seharusnya tidak mengejek dan menjauhi mereka tetapi kita harus menemani serta mendukung mereka untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Supaya mereka dapat berubah dan menjadi pemuda yang bisa menjadi contoh tauladan yang baik bagi masyarakat di sekelilingnya, serta dapat membanggakan negara kita Indonesia.
Nama        :       Arlin Humaira
Kelas        :       1IA21
NPM         :       51409446

Tidak ada komentar:

Posting Komentar