Minggu, 11 Maret 2012

Animasi dengan Teknik Make


Pengertian Animasi
Animasi terdiri dari sekumpulan gambar dari suatu objek yang bergerak sesuai urutan yang telah ditentukan dan gambar tersebut seolah-olah hidup. Sehingga penonton dapat merasakan bahwa gambar tersebut berubah, baik dalam bentuk gerakkan, warna, tempat, dll. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
Animasi dapat dibuat dengan tiga teknik berbeda, yaitu Image, Xoring serta make. Dan dalam pergerakannya dapat bertipe object sprite atau object frame. Juga bisa dibedakan atas metode animasi yang digunakan antara animasi frame, bibliting dan realtime. Walaupun terbagi atas berbagai definisi berbeda, tapi dalam prakteknya teori-teori tersebut dapat digabungkan atau saling berhubungan sehingga tidak murni dipakai sendiri. Macam-macam animasi yang digunakan dalam membuat sebuah game akan diterangkan sebagai berikut :
1.       1.  Animasi dengan teknik image
2.       2. Animasi dengan teknik xorting
3.       3. Animasi dengan teknik make
4.       4. Animasi dengan tipe objek sprite
5.       5. Animasi dengan tipe objek frame
6.       6. Metode animasi frame
7.      7.  Metode animasi bibliting
8.      8. Metode animasi real-time

Dari delapan jenis animasi di atas, yang akan dibahas lebih lagi untuk saat ini adalah Animasi dengan teknik make. Apa sih Animasi dengan teknik make itu ???
Animasi dengan teknik make biasanya digunakan untuk animasi umum, tapi biasanya digunakan untuk proses pembuatan animasi. Animasi dengan teknik ini memiliki sprite yang terus menerus digenerate oleh program, kemudian ditampilkan dengan perhitungan tertentu. Animasi ini biasanya dilakukan oleh 3D modelling dan shading software seperti AutoCad, 3D Studio, Presidio 3D Workshop dan lain-lain.
Operasi diatas haruslah digenerate secara langsung dengan perhitungan sehingga saat pembuatan hampir bersamaan dengan saat menampilkannya.

3D Studio Max Sebagai Salah Satu Software yang Digunakan Dalam Pembuatan Animasi Teknik Make

3D Studio Max (kadang kala disebut  3ds Max  atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix). Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar