Rabu, 08 Desember 2010

New Idol Yang Sempat Bermain di Klub Elite Belanda


 
Irfan Haarys Bachdim adalah pemuda kelahiran Amsterdam, Belanda, 22 tahun silam. Irfan Bachdim berdarah indo (blasteran). Ayahnya, Nouval Bachdim, adalah pria berkebangsaan Indonesia sedangkan ibunya, Hester Bachdim, berkebangsaan Belanda.

Sejak kecil Irfan sangat menggemari olahraga sepakbola. Bakat dan minatnya ini diturunkan oleh sang ayah yang mantan pemain sepakbola. Sang ayah, Nouval Bachdim pernah memperkuat klub Persema Malang pada tahun 80 an. Kedua orang tua Irfan sangat mendukung hobi anaknya. Pada usia 11 tahun, mereka menyekolahkan Irfan di akademi Junior klub Ajax Amsterdam yang terkenal banyak menghasilkan pemain kelas dunia. Disinilah Irfan mengasah bakatnya bermain sepakbola.

Berselang 3 tahun kemudian, bakat Irfan diminati seorang pencari bakat dari klub Utrecht FC, Irfan lalu bergabung ke dalam tim junior klub tersebut, dan menjadi andalan di sana selama kurang lebih empat tahun (2003-2007). Namun sayangnya Irfan kesulitan menembus tim inti Utrecht FC. Dirinya hanya pernah sekali memperkuat Utrecht dalam pertandingan Eredivisie (Liga premier Belanda) melawan VVV Venlo. Meskipun bermain selama 90 menit, Irfan tak memberi kontribusi apapun dalam pertandingan itu. Pertandingan tersebut menjadi yang pertama dan terakhir bagi Irfan di tim inti Utrecht FC. Dan akhirnya ia dilepas oleh klub itu.

Setelah di Utrecht, Irfan berlabuh di klub divisi 2 Belanda, HFH Harlem. Lagi-lagi disini bakat Irfan tersia-sia. Ia tak sempat sekalipun membela klubnya. Kemudian pada tahun 2010, Irfan memutuskan untuk kembali ke kampung halaman ayahnya, Indonesia. Irfan sempat melamar di beberapa klub sepakbola seperti Persija dan Persib, namun kerap gagal dalam tes. Namun pada akhirnya, dirinya berhasil diterima dan kini memperkuat Persema Malang, klub ayahnya dulu.

Irfan juga mempunyai impian, yaitu membela timnas Indonesia, dan pada saat itu timnas menyeleksi pemain-pemain yang rata-rata muda dan baru menghuni pasukan garuda tersebut. Akhirnya impian Irfan pun terwujud, sang coach memasukkan dia ke daftar nama pemain Indonesia yg mengikuti kejuaraan Piala AFF 2010, alhasil setelah AFF CUP itu berlangsung Irfan menunjukkan keseriusannya untuk  membela timnas Indonesia dan membuat seluruh masyarakat Indonesia terpukau pada penampilan dan permainan dia di lapangan, selain itu dia menunjukkan kecintaannya pada Indonesia Irfan berusaha keras menghafal lagu Indonesia Raya hingga 2 sampai 3 jam.

Selamat datang idola baru masyarakat Indonesia, Irfan Bachdim. Saatnya Indonesia bangkit di kancah persepakbolaan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar