Senin, 08 November 2010

Game Teknologi


Apakah game teknologi itu? Game adalah sebuah sarana hiburan yang menggunakan perangkat elektronik, sedangkan Game Teknologi adalah perangkat-perangkat/sebuah teknologi yang digunakan untuk mendukung sebuah game agar game tersebut dapat digunakan sebagai sarana hiburan dan sarana pendidikan.
Terdapat berbagai tahap dalam pembuatan game, yaitu :
1.     Menentukan Genre Game
Pertama pikirkan jenis game yang diinginkan, apakah berjenis, RPG(Role Playing Game) seperti harvest moon, FPS(First Person Shooter) seperti Counter Strike, SPS(Second Person Shooter) seperti 25 To Life. Disarankan agar memilih jenis game yang sesuai dengan kemampuan yang di miliki, mudah dan cepat dalam pembuatannya. 
2.   Menentukan Tool yang ingin digunakan
Jika anda seorang programer maka anda bisa membuat game dengan bahasa pemograman yang anda kuasai, tetapi jika anda adalah orang yang belum begitu menguasai atau sama sekali tidak mengetahui tentang dunia pemograman maka jangan berkecil hati karena banyak sekali software yang khusus dibuat untuk membuat game dengan genre tertentu.
3.   Menentukan gameplay game
Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, mission success, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus sudah ditentukan misal dalam sistem save, hanya akan membuat pemain bisa menyimpan permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi,dll.
4.   Menentukan grafis yang ingin digunakan
Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game dan sesuai dengan kemampuan anda.
 5.  Tentukan suara yang ingin digunakan
Tanpa suara akan membuat game kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara bisa dibagi-dibagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission success, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya.
6.   Melakukan perencanaan waktu
Dengan perencanaan waktu akan membuat anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat.
7.   Proses pembuatan
Yang terakhir melakukan pembuatan game karena semua komponen yang diperlukan sudah disiapkan dari awal.
8.   Melakukan publishing
Ketika sudah selesai membuat sebuah game, publish game menjadi setup jika game harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu.
 Bahasa pemrograman apa yang dipakai untuk membuat sebuah game? Game dapat dibuat dengan menggunakan banyak bahasa pemrograman dan software, bahasa yang digunakan dalam membuat game yaitu seperti C++ dan Flash. Ditilik dari kemampuan, keduanya memang sangat berbeda dan tujuan penggunaannya pun berbeda pula. Bukti dilapangan menjelaskan bahwa game komersil sekarang ini umum dibuat dengan C++. Sementara hampir semua game casual dan berbasis web menggunakan Flash. Selain C++ dan Flash, kita juga bisa menggunakan bahasa lain untuk membuat game, seperti Darkbasic, Blitz, Lite-C, untuk 3D Game studio, LUA, Phyton, C#, dan bahasa lain yang berorientasi untuk game.

     Dengan sedikit keahlian serta ide yang kita miliki, kita bisa membuat game yang kita inginkan. Untuk meningkatkan mutu serta kualitas bangsa kita, sebaiknya para programmer membuat game yang lebih kepada pendidikan dari pada game yang banyak adegan kekerasan, seperti perkelahian dan pembunuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar